Obat Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir Dan Usia 2 Bulan, 3 Bulan, 4 Bulan, 5 Bulan dst

Banyak ibu yang mencari obat biang keringat pada bayi. Memberikan obat memang tidak bisa sembarangan. Terlebih jika anak masih bayi yang berusia kurang dari 6 bulan. Pemberian obat topikal maupun oral secara sembarangan sangat tidak dianjurkan mengingat bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup baik sehingga belum mampu dalam menangkal efek samping dan sebagainya. Maka, pemberian obat memang sudah seharusnya atas saran dokter.

Obat Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir Dan Usia 2 Bulan,  3 Bulan, 4 Bulan, 5 Bulan,6 Bulan, 7 Bulan,8 Bulan,9 Bulan,10 Bulan,11 Bulan,12 Bulan

Untuk obat biang keringat pada bayi biasanya lebih menekankan pada obat topikal seperti krim, lotion atau bedak. Hal tersebut karena biang keringat merupakan gangguan pada kulit khususnya pada kelenjar keringat. Sehingga dokter pun sangat jarang memberikan obat oral terkecuali jika kondisi bayi sudah sangat mengkhawatirkan. Namun tentu saja ibu tidak bisa membeli sendiri obat-obatan seperti obat anti gatal misalnya. Terlebih jika tidak mengetahui pasti mengenai dosis dan efek sampingnya.

Obat Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir Dan Usia 2 Bulan,  3 Bulan, 4 Bulan, 5 Bulan,6 Bulan, 7 Bulan,8 Bulan,9 Bulan,10 Bulan,11 Bulan,12 Bulan

Obat Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir Dan Usia 2 Bulan - 5 Bulan dst

Sebaiknya jika anak terkena biang keringat, jangan langsung memberinya obat-obatan oral apalagi yang tidak jelas. Obat biang keringat pada bayi 3 bulan maupun baru lahir bisa dicoba dari bahan alami ataupun obat topikal yang bersifat meredakanb biang keringat dari luarnya saja. Berikut beberapa informasi mengenai cara mengobati biang keringat:

1. Sabun bayi
Perlu diperhatikan bahwa mandi merupakan cara yang paling alami untuk mengobati biang keringat. Mandi yang teratur dapat mencegah penumpukan sel kulit mati dan juga menjaga suhu tubuh agar tidak mengeluarkan keringat secara berlebihan. Bayi yang baru lahir dan kurang dari 6 bulan juga wajib dimandikan secara teratur dan yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sabun yang tepat.
Gunakanlah sabun khusus bayi dengan PH yang menyesuaikan kulit bayi sebagai alternatif obat biang keringat pada bayi 5 bulan dan atau masih baru lahir dst. Jangan gunakan sabun orang dewasa untuk memandikan bayi karena kulitnya masih sensitif dan bukan tidak mungkin malah terjadi reaksi sensitif dari bayi yang menyebabkan ruam bahkan memperburuk biang keringatnya. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah sabun bayi yang tepat agar bisa menjaga kesehatan kulitnya secara menyeluruh.

2. Krim hidrokortison
Krim hidrokortison bisa digunakan dengan catatan jika kondisi biang keringat pada bayi sudah cukup parah misalnya terjadi inflamasi yang ditandai dengan warna kulit yang merah, terdapat bintil-bintil yang menghasilkan sensasi gatal dan perih. Gunakan hanya krim hidrokortison 1% sebagai obat biang keringat pada bayi. Jangan gunakan krim hidrokortison diatas itu karena bisa mengiritasi kulit.
Krim hidrokortison mengandung steroid yang bisa meredakan inflamasi dengan cukup cepat. Sebaiknya digunakan dengan teratur dan tidak berlebihan. Oleskan secara tipis hanya pada bagian kulit yang terkena biang keringat. Tidak dianjurkan untuk menggunakan krim ini secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Krim ini bisa digunakan dalam kisaran waktu 3-7 hari saja dan sebaiknya tidak lebih. Jika kondisi kulit bayi tidak kunjung membaik segeralah konsultasikan dengan dokter kulit.

3. Bedak salicyl
Bedak salicyl juga bisa menjadi obat biang keringat pada bayi. Namun dalam penggunaannya pun harus senantiasa diperhatikan kondisi kulit bayi saat terkena biang keringat. Jangan menaburkan bedak salicyl saat kulit bayi sedang berkeringat. Bedak salicyl bisa mengobati dan meredakan gatal akibat biang keringat jika digunakan pada kondisi kulit yang bersih dan kering.
Mandikan bayi minimal 2 kali sehari menggunakan air yang cukup dengan hangat kuku saja. Setelah mandi keringkan badan bayi menggunakan handuk lembut agar tidak melukai kulitnya. Setelah kering, barulah bisa digunakan bedak salicyl pada kulit bayi. Gunakan secukupnya dan tidak berlebihan. Sebaiknya gunakan bedak yang tidak mengandung parfum atau kandungan parfum yang rendah saja agar kulit bayi bebas dari iritasi.

4. Lotion Calamin
Lotion calamin juga mengandung agent yang dapat meringankan gejala biang keringat pada bayi. Ia bisa menjadi obat biang keringat pada bayi yang cukup aman untuk digunakan. Calamin memberikan sensasi mendinginkan kulit sehingga bayi bisa merasa lebih sejuk terutama karena biang keringat memang biasanya menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Lotion calamin biasanya juga mengandung menthol untuk memberikan sensasi sejuk.

Sama halnya seperti memakai bedak salicyl, sebaiknya lotion calamin tidak digunakan pada kulit yang lembab atau basah. Gunakanlah lotion pada saat kulit bayi dalam kondisi bersih dan kering. Dengan begitu, manfaat lotion dalam mengobati biang keringat bisa lebih optimal. lebih bagus bunda tahu Jenis, Ciri-Ciri, Penyebab Biang Keringat Pada Bayi

Cara mencegah Biang Keringat Pada Bayi Tanpa Obat

Sebenarnya menurut ahli kesehatan biang keringat bukanlah masalah yang serius dan bisa menghilang dengan sendirinya dengan perawatan yang baik dan menjaga kebersihan bayi secara menyeluruh dan disiplin. Maka sebenarnya yang lebih penting bukanlah pengobatan namun pencegahan sehingga tidak sampai diperlukan pengobatan. Berikut beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindarkan bayi dari biang keringat:

1. Menjaga kebersihan bayi
Bayi yang sehat, bersih dan terawat memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena biang keringat sehingga obat biang keringat pada bayi tidak diperlukan. Memandikan bayi 2 kali sehari, mencuci pakaian bayi dengan benar, serta menjaga lingkungannya agar tetap bersih bisa menghindarkan bayi dari biang keringat.

2. Menjaha suhu kamar bayi
Perubahan suhu bisa ditanggapi dengan sangat reaktif oleh tubuh bayi terutama kulitnya karena kulit bayi akan lebih kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan setiap perubahan suhu. Pori-pori bayi seringkali mengalami penyumbatan yang membuat keringat tidak dapat menguap dengan baik. Maka usahakan agar suhu kamar terjaga dengan mengatur ventilasi dengan baik sehingga sirkulasi udara lebih lancar.

3. Pastikan bayi terhidrasi dengan baik
Dehidrasi bisa membuat tubuh bayi kepanasan sehingga memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat secara berlebihan. Berikan minum pada bayi yang cukup bisa berupa air putih ataupun pemberian ASI yang cukup. ASI bisa menjadi obat biang keringat pada bayi karena bisa meningkatkan imunitasnya.

4. Pakaian yang nyaman
Pakaikan pakaian yang nyaman untuk bayi. Hindarilah pakaian menggunakan bahan wol yang panas dan kurang bisa menyerap dengan baik. Bahan pakaian katun bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena ia sejuk dipakai dan bisa menyerap keringat dengan baik. Hindari juga pakaian yang ketat karena bisa mengganggu penguapan kelenjar keringat. Gunakanlah pakaian yang longgar dan tidak terlalu tebal supaya bayi tetap merasa nyaman.

Kapan Anak akibat biang keringat di bawa ke dokter?

Biang keringat bisa terjadi pada siapapun. Namun memang ia lebih sering dialami oleh bayi karena kelenjar keringat bayi belum berkembang dengan cukup baik. Biang keringat akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Namun jika kondisi tidak kunjung membaik sebaiknya segera hubungi dokter. Sudah menjadi tugas seorang ibu untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kenyamanan bayi agar tidak sampai membutuhkan obat biang keringat pada bayi.

Demikian saja dulu dari  obatgatals.blogspot.com terkait dengan artikal kesehatan Obat Biang Keringat Pada Bayi Baru .

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Obat Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir Dan Usia 2 Bulan, 3 Bulan, 4 Bulan, 5 Bulan dst

RESULT / HASIL PENCARIAN :