Manfaat, Cara Kerja Obat Ketoconazole untuk Keputihan, Panu dan Gatal di Selangkangan

Obat ketoconazole - Ketoconazole merupakan obat yang kerap diresepkan oleh dokter untuk para pasien yang mendapatkan keluhan jamur kulit dan ingin mengobatinya. Obat ini sering direkomendasikan karena diramu untuk mengobati masalah jamur kulit seperti panu, ketombe, jamur pada lipatan paha, jamur di selangkangan atau keputihan.

Obat ini sejak dulu dipakai diseluruh dunia dan sekarang ini memiliki turunan yang disebut-sebut memiliki kualitas lebih tinggi dan dikenal dengan itraconazole. Obat ketoconazole untuk gatal diselangkangan, panu dan keputihan  bisa didapat dalam sediaan bentuk tablet dosis 200mg, salep dan shampo dosis 1-2%. Pemakaian setiap bentuk sediaan ini menurut pada jenis dan tempat penyakit yang diderita. Bila anda belum pernah memakai ketoconazole sebelumnya, cobalah memakai bentuk salep terlebih dahulu untuk menyembuhkan jamur anda.

Funsi, Manfaat Cara Kerja Obat Ketoconazole untuk Keputihan, Panu dan Gatal di Selangkangan dan Efek Sampingnya

Penyakit panu ini merupakan bagian dari infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti jamur dan virus yang kemudian bisa muncul karena hidup yang kurang bersih misalnya tidak rutin mandi, tidak sering mengganti pakaian terutama pakaian dalam. Penyebab munculnya jamur kulit bisa juga karena sering atau setidaknya pernah pinjam pakaian teman yang memilih masalah panu atau jamur kulit lainnya, serta juga bisa didapat dari sumber lain seperti bulu hewan dan tanah. Rasa gatal tadi juga dapat diakibatkan dari adanya alergi yang semakin diperparah ketika terjadinya penggarukan. Jamur ini mudah tumbuh, terutama di area kulit yang lembab. Kulit kadang basah karena keringat, dapat juga karena bahan pakaian yang dipakai tidak menyerap keringat.

Manfaat, Cara Kerja Obat Ketoconazole untuk Keputihan, Panu dan Gatal di Selangkangan

Manfaat Obat Ketoconazole Untuk Keputihan, Panu dan Gatal Di Selangkangan

Keputihan adalah masalah yang kerap menghantui semua wanita. Hal ini sebenarnya bukan masalah serius dan harus diperiksakan ke dokter terutama jika masih bisa diatasi dengan perawatan sederhana seperti misalnya lebih waspada dan menjaga kebersihan area kewanitaan. Jika keputihan ditandai dengan adanya cairan putih yang tampak kekuningan dan agak kental serta memiliki aroma yang kurang sedap, maka tidak usah panik. Ciri dan tanda keputihan (Fluor Albus) yang diderita wanita ini memang adalah keluhan yang sering terjadi. Munculnya keputihan pada wanita adalah karena adanya infeksi jamur Candida Albicans yang hidup dan berkembang dalam vagina. Beberapa kasus menunjukkan bahwa masalah keputihan mengarah pada adanya parasit Trichomonas Vaginalis atau juga mikoorganisme yang termasuk dalam gram negative. Ada obat minum yang akan diberikan untuk mengatasi keputihan. Khusus obat minum akan diberikan pada wanita single atau belum bersuami atau untuk wanita yang mengalami masalah seperti ini lebih dari sekali. Obat minum yang biasanya digunakan adalah berupa tablet yang juga disebut dengan Obat ketoconazole dengan berat 200 mg yang juga bekerja untuk mencegah munculnya kembali kandidiasis vulvo vaginalis rekuren.

Panu atau Tinea versicolor merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan jamur. Biasanya, penyakit seperti ini lebih mudah mengenai orang yang beraktifitas padat dan gampang berkeringat, kulit berminyak, kulit tampak lembab, perubahan hormon dan daya tahan tubuh lemah. 

Ciri-ciri kulit Panuan

Ciri-ciri kulit yang sudah terkena panu adalah:
1. Warna kulit putih, pink, cokelat atau cokelat gelap seperti tumbuh perlahan dan bersisik dan disertai gatal ringan. Kulit tersebut tampak lebih jelas ketika terkena sinar matahari.
2. Bisa tumbuh dimanapun seperti di punggung, dada, perut, leher, ketiak, kaki, lipatan paha, kepala, lengan atas, muka dan lainnya yang terkena banyak keringat.
3. Sering tumbuh di daerah lembab dan tertutup pakaian.
4. Kulit terasa gatal.
Untuk kasus masalah panu yang berat dan luat, Obat ketoconazole bisa digunakan sebagai obat oles, sedangkan untuk mempercepat penyembuhan bisa juga dengan mengkonsumsi obat panu tablet atau kapsul sebagai obat dalam dengan kandungan bahan aktif Flukonazol (Diflucan) tablet - Itrakonazol kapsul atau tablet dan ketoconazole tablet dan untuk mendapatkannya harus menggunakan resep dokter.

Menggunakan obat panu bisa menjadi cara yang efektif untuk mempercepat proses penyembuhan. Obat akan bekerja untuk membunuh jamur yang menyebabkan panu jika digunakan secara rutin sampai dua minggu. Tetapi kelemahannya adalah warna kulit jadi tampak berbeda dalam beberapa minggu atau beberapa bulan, walaupun bisa tetap pulih dan kembali normal dalam jangka waktu tertentu. Sehingga, dibutuhkan kesabaran dan sebaiknya hindari kulit lembab, berminyak atau benar-benar berkeringat sebab akan membuat panu bisa muncul kembali. 

Untuk anda yang punya masalah dengan rasa gatal diselangkangan atau lipatan bagian dalam paha, penyebabnya pun tergolong banyak. Faktor pemicu munculnya sensasi gatal adalah karena bagian tersebut kurang diperhatikan kebersihannya sehingga jamur kulit pun bisa tumbuh. Apalagi, area selangkangan adalah daerah dimana jarang terkena paparan sinar matahari sehingga menjadi mudah lembab dan jamur bisa tumbuh lebih mudah dibandingkan area lainnya. Ketika jamur mulai berkembang dan terus tumbuh, maka anda pun merasa gatal-gatal. Bukan hanya jamur yang menjadi faktor pemicunya, bisa juga karena memang anda memiliki riwayat alergi makanan seperti udang, telur, ikan laut atau makanan lainnya.
Orang yang gemuk, orang yang mudah berkeringat, orang dengan masalah Diabetes, orang yang selalu menggunakan pakaian ketat dan orang yang sering menggunakan pakaian bergantian dengan orang lain adalah beberapa orang yang beresiko tinggi terkena masalah gatal di selangkangan. Selain penyakit kulit gatal selangkangan ada yang namanya herves kenali di Artikel Macam-Macam Penyebab, Tanda-Tanda dan Obat Penyakit Herves Itu Apa saja?

Selangkangan adalah area tubuh yang gampang lembab karena terlipat dan mudah berkeringat sehingga infeksi jamur bisa lebih mudah datang. selangkangan juga bagian tubuh yang sensitif. Ketika terasa gatal di bagian tersebut, bisa menjadi indikasi bahwa ada infeksi jamur disekitarnya. Biasanya kerap menjadi sumber masalah lainnya seperti merah-merah, luka atau iritasi kulit. Selain memberikan rasa tidak nyaman dan harus digaruk, aktifitas anda menjadi terganggu dan tidak boleh digaruk saat gatal karena tidak enak dipandang, terkesan tidak sopan dan malah menimbulkan iritasi.Obat tentu digunakan untuk mengobati dan juga untuk mencegah, misalnya dengan menggunakan obat ketoconazole.

Cara Kerja Ketoconazole

Ketoconazole adalah derivat imidazole-dioxolane sintetis yang mempunyai aktivitas antimikotik yang poten terhadap dermatofit, ragi seperti Pityrosporum Sp, Candida Sp, Tricophyton Sp dan Epidermophyton floccosum. Ketoconazole bekerja dengan menghambat enzym "cytochrom P. 450" jamur, dengan mengganggu sintesa ergosterol yang merupakan komponen penting dari membran sel jamur. 

 Fungsi ketoconazole

Manfaat Obat ketoconazole ini berfungsi menghambat kerja enzim sitokrom p450 pada membran sel jamur, sehingga mengganggu sintesa ergosterol yang merupakan komponenpenting dari membran sel jamur. Dengan mekasnisme kerjanya tersebut, ketoconazol akan menciptakan kerusakan secara langsung pada membran sel jamur. Bukan hanya itu, obat ini juga memiliki aktivitas anti mikotik luas terhadap jamur jenis Epidermophyton floccosum, jenis Pityrosporum SP, Tricophyton Sp, dan jenis Candida Sp.

Efek Samping Ketoconazole

Semua obat berpotensi menyebabkan efek samping, termasuk obat ketoconazole. Beberapa efek samping seperti gatal-gatal, iritasi ringan, kulit yang memerah atau bengkak, sensasi terbakar atau perih pada kulit, rasa terbakar dan reaksi alergi jarang sekali terjadi.

Harga Obat Ketoconazole di apotik Umum

Adpaun Harga Ketoconazole di apotik sekitar 7000 perstip jika bentuk tablet. Harga Obat Ketoconazole crem atau salep sekitar 10.000 rupah.
Demikian artikel mengenai manfaat dan cara kerja Obat ketoconazole untuk panu, keputihan dan gatal di selangkangan kami ini obatgatals.blogspot.com bisa menymbang wawasan baru. Semoga bermanfaat .

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat, Cara Kerja Obat Ketoconazole untuk Keputihan, Panu dan Gatal di Selangkangan

RESULT / HASIL PENCARIAN :