Pengertian, Ciri, Penyebab Eksim Basah dan Pengobatannya Sampai Sembuh

Eksim bisa menerpa siapa saja baik laki-laki maupun wanita dan tidak dibatasi umur. Bayi, anak-anak maupun orang dewasa dapat saja terserang eksim. Dalam pemahaman masyarakat kita, ada dua jenis eksim yang biasa kita jumpai pada penderitanya yaitu eksim basah dan eksim kering. Artikel ini mencoba mengupas sampai tuntas tentang eksim basah. Apa yang dimaksud eksim basah? Dan apa penyebabnya? Serta bagaimana penanganan dan pengobatannya?

Pengertian, Ciri, Penyebab Eksim Basah dan Pengobatannya Sampai Sembuh

Eksim basah merupakan peradangan atau proses inflamasi yang hebat pada kulit bagian luar yang menimbulkan rasa gatal-gatal. Kondisi ini di tandai dengan kulit kemerahan, adanya gelembung kecil berair atau vesikel dan jika di garuk akan keluar cairan serta terasa sangat gatal. Kondisi seperti itu dalam dunia kedokteran biasa disebut dengan dermatitis.

Pengertian, Ciri, Penyebab Eksim Basah dan Pengobatannya Sampai Sembuh

Penyakit eksim dan pengobatannya

Dermatitis atau eksim itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:
  • Dermatitis atopik
Dermatitis atopik merupakan salah satu jenis eksim yang sering ditemukan dan eksim jenis ini merupakan penyakit turunan. Pada umumnya penyakit kulit eksim atopik dimulai ketika bayi dan masih anak-anak. Adapun gejalanya berupa gatal, radang kulit, dan pada beberapa penderita sering timbul asma dan hay fever atau demam hay.
  • Dermatitis kontak
Dermatitis kontak meliputi dua jenis yaitu dermatitis/eksim kontak alergi dan dermatitis/eksim kontak iritan. Dermatitis atau eksim kontak alergi diakibatkan oleh reaksi kekebalan tertunda atau delayed immune system karena kontak kulit dengan senyawa alergenik sehingga akan mengakibatkan radang kulit dan biasanya terjadi dalam kurun waktu yang sebentar (48 jam) setelah paparan terjadi. Beberapa penyebab dermatitis kontak alergi adalah parfum, pengawet kosmetik, jelatang, metal, dan pewarna.
Sedangkan Dermatitis kontak iritan terjadi disebabkan oleh paparan senyawa iritan kimiawi yang dapat merusak kulit, seperti detergen, sabun keras, dan produk-produk pembersih lainnya. Senyawa kimiawi yang terdapat pada produk-produk tersebut dapat mengakibatkan hilangnya minyak dan kelembaban dari lapisan luar kulit, kemudian dapat merusak lapisan pelindung dan pada akhirnya memicu timbulnya peradangan.
  • Dermatitis dyshidriotic
Jenis eksim yang satu ini biasanya ditandai dengan lepuhan yang disebabkan iritasi pada kulit di telapak tangan dan kaki.
  • Neurdermatitis
Gejala dari eksim ini adalah kulit terasa gatal dengan kondisi menebal kehitaman. Jenis eksim ini umumnya dijumpai pada leher, kaki dan punggung tangan.
  • Dermatitis nummular
Eksim nummular ditandai dengan munculnya beberapa plek eksim yang biasanya berhubungan dengan kulit kering. Kondisi ini umumnya terjadi pada kaki bagian luar, tangan dan lengan.
  • Dermatitis statis
Dermatitis statis merupakan jenis eksim kronis dan terdapat pada daerah bagian dalam bawah kaki yang berkaitan dengan varises.

Mengenal gejala eksim basah

Beberapa ciri penyakit kulit eksim basah secara spesifik berikut ini mungkin akan membantu dalam mengenal jenis eksim basah walaupun gejala ini juga bisa terjadi pada eksim kering, diantaranya:

a. Gatal-gatal
Gejala gatal-gatal akan terasa pada penderita penyakit eksim basah atau kering. Untuk penanganan sementara anda bisa memberi obat anti gatal agar tidak bertambah parah. Sebaiknya jika terjagi gatal-gatal jangan di garuk terlalu kencang karena bisa saja akan mengakibatkan infeksi yang lebih parah. Rasa gatal pada kulit yang terjangkit eksim basah lebih sering, hal tersebut karena aktifitas bakteri yang tinggi. Oleh karena itu tidak heran jika rasa gatalnya lebih sering muncul, apalagi jika sedang berkeringat rasa gatal akan semakin hebat. Karena jenis penyakit kulit eksim basah ini lebih mudah menyebar maka sipenderita di usahakan jangan sampai terlalu sering terkena air

b. Timbul ruam merah
Timbulnya ruam merah pada penderita eksim basah ini bisa saja terus melebar dan bertambah jika tidak segera ditangani dengan cepat dan benar.

c. Timbul bintik-bintik merah
Gejala timbulnya bintik-bintik merah pada penderita eksim basah biasanya seperti bekas gigitan nyamuk. Dan jika tidak ditangani secara cepat gejala bintik-bintik ini akan semakin bertambah banyak dan akan memakan waktu yang lama dalam proses penyembuhannya.

d. Kulit terasa terbakar
Hampir pada semua penderita penyakit ini, pastinya akan merasakan kulit yang seperti terbakar. Untuk mengatasinya bisa diberi salep kulit.

e. Terasa panas pada kulit
Selain terasa seperti terbakar kulit yang terkena eksim juga akan terasa panas yang akan terus menyebar keseluruh permukaan kulit.

f. Selain itu, eksim basah biasanya akan menunjukan gejala kulit yang melepuh merah, bengkak, basah dan berair atau nanah.

Sifat dari eksim basah yang masih baru akan lebih cepat disembuhkan dari pada eksim kering. Hanya saja penyebaran eksim basah lebih cepat dan lebih mudah menular karena virus atau bakteri yang masih aktif.

Penyebab munculnya gejala eksim basah

penyebab penyakit eksim basah yang pasti dari basah belum dapat diketahui, namun beberapa kondisi di bawah ini dapat menyebabkan munculnya eksim basah, diantaranya :

1. Infeksi mikroorganisme
Eksim basah dapat terjadi karena terjadinya infeksi mikroorganisme yang turut membantu dalam poembentukan lesi pada eksim basah. Dan eksim basah akan semakin memburuk jika kulit sangat sensitif terhadap allergen mikroorganisme.
2. Alergi
Gejala awal gatal pada kulit akibat eksim bisa dipicu karena reaksi kulit yang berlebihan terhadap sesuatu atau alergi. Banyak hal yang memicu timbulnya gejala gatal pada eksim basah karena alergi, seperti alergi makanan, alergi debu, alergi obat-obat tertentu, atau alergi bulu binatang. Biasanya ketika alergi itu muncul maka gejala gatal-gatal pun akan menyerang.
3. Luka
Seseorang yang terluka seperti kulit terkelupas karena terjatuh atau sebab lain dapat menyebakan timbul gejala eksim basah. Luka bisa menjadi infeksi jika terkontaminasi kuman yang bisa di dapat dari udara, debu atau tersentuh tangan yang kotor.
4. Cacar
Cacar merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang ditandai dengan bintik-bintik disertai gelembung. Dan seseorang yang terjangkit penyakit ini akan merasakan gatal-gatal yang terus menerus terjadi. Sebaiknya tidak menggaruknya karena akan menimbulkan bekas berair dan dapat memperburuk keadaan. Untuk itu menjaga kebersihan bagi penderita penyakit ini menjadi sangat penting.
5. Sabun cuci
Seseorang yang tidak terbiasa menyentuh sabun cuci maka biasanya akan menimbulkan gatal-gatal, kulit terasa sangat kasar dan bahkan timbul panas seperti terbakar. Oleh karena itu jika selesai menyentuh sabun cuci segera cuci menggunakan sabun anti seftic. Agar bahan kimia yang ada pada sabun tersebut tidak menimbulkan gejala eksim basah lebih lanjut.

Beberapa kondisi lain juga dapat memicu timbulnya eksim basah seperti luka bakar akibat terkena knalpot panas atau luka karena tersiram air panas. Oleh karena itu, jika mengalami hal tersebut segera tangani secara cepat dan benar. Jika sudah tau jelas eksim basah itu apa maka lihat Definisi, Jenis, dan Pengobatan Penyakit Kulit Eksim Kering.

Pengobatan Eksim Basah Sembuh Total

Apakah eksim bisa disembuhkan ? ya tentu bisa demikian salah satu beberapa cara mengatasinya:

1. Pengobatan eksim basah dapat menggunakan jenis obat salep atau krim seperti jenis obat kortikosteroid. Jenis obat ini merupakan anti inflamasi untuk meringankan gejala eksim seperti peradangan kulit dan gatal.
2. Menggunakan jenis obat antibiotik sesuai indikasi penyakitnya.
3. Pelembab kulit untuk mengurangi gejala yang timbul.
4. Pengobatan eksim basah juga dapat menggunakan inhibitor kalsieneurin topikal.

Demikianlah topik pembahasan eksim basah dari obatgatals.blogspot.com yang perlu kita ketahui. Tetaplah jaga kesehatan anda karena menjaga lebih baik dari pada mengobati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri, Penyebab Eksim Basah dan Pengobatannya Sampai Sembuh

RESULT / HASIL PENCARIAN :